Monday, November 13, 2017

Fast Charging Handphone Dengan Trik Menggulung Kabel.


 

Punya masalah device handphone yang lama dicharge dan butuh waktu berjam-jam? atau butuh banget menggunakan handphone sementara hapemu yang lowbat tak mengerti situasi kondisimu?

Apa yang terjadi jika kamu menggulung kabel charger ketika menggunakannya?



Dikutip dari dimensi data, Berdasarkan versi, kabel USB dibedakan menjadi 4 macam versi kabel USB yaitu:

1. Tipe Kabel USB 1.1
Versi kabel USB 1.1 adalah versi yang pertama yang rilis pada tahun 1988. Versi kabel USB 1.1 ini Memiliki kecepatan up to 12 Mbps. Adapun logo yang dimiliki oleh USB 1.1 ini berwarna biru dengan simbol berbentuk trisula. Namun kini Versi kabel USB ini sudah tidak digunakan lagi.

2. USB 2.0
Versi kabel USB 2.0 adalah versi yang kedua yang rilis pada tahun 2000, yang memiliki kecepatan maximum up to 480Mbps dengan Hi-Speed mode, atau pada Full-Speed mode memiliki kecepatan 12Mbps. Adapun dukungan Supply tegangan maximum sekitar 2.5V, 1.8A. Namun fungsinya kabel usb ini masih sama dengan versi sebelumnya. Versi kabel USB 2.0 Memiliki logo warna biru dengan tulisan HI-SPEED dengan dasaran warna merah.

3. USB 3.0
Versi kabel USB 3.0 adalah versi yang ketiga yang rilis pada tahun 2008, memiliki kecepatan up to 5Gbps pada mode SuperSpeed. Umumnya pada versi kabel USB 3.0 memiliki konektor dan soket USB berwarna biru, yang merupakan tanda perbedaan USB 3.0 dengan versi sebelumnya.  Pada versi kabel USB 3.0 dikenal sebagai USB SuperSpeed USB dengan logo bertuliskan SUPERSPEED dan memiliki simbol yang berbeda dengan versi sebelumnya, yakni ada tambahan huruf SS di pangkal trisula. USB 3.0 memiliki tampilan yang sama seperti USB 2.0 sehingga cukup kompatibel dengan USB 2.0.

4. USB 3.1
Versi kabel USB 3.1 adalah versi yang keempat yang rilis pada tahun 2013 yang memiliki kecepatan 2 kali leboh tinggi dari versi USB 3.0 yaitu 10 Gbps. Versi ini juga dikenal dengan istilah USB SuperSpeed+ atau SuperSpeed USB 10 Gbps atau standar dengan Thunderbolt (milik Apple). Versi 3.1 ini sangat kompatibel dengan USB 3.0 dan USB 2.0. USB 3.1 mempunyai tiga power supply tegangan yakni 2A pada tegangan 5V (tegangan max 10W), 5A pada tegangan 12V ( tegangan max 60W), 5A pada tegangan 20V (tegangan max 100W).

Bedasarkan hal diatas, kebanyakan handpne sekarang menggunakan kabel charging sebesar 1.5A sampai dengan 2A USB versu 2.0 atau Versi 3.0.




Bagaimana memaksimalkan waktu charger hingga 100% dalam 30 menit?

Pertama, Pastikan terlebih dahulu yang kalian pergunakan adalah kabel charger bawaan sesuai device, lepas dari itu belum ada percobaan dari kepenulisan ini.

Kedua, gulung kabel secara melingkar selebar tangan, hingga 3x lingkaran dan selipkan tekuk kedalam agar gulungan tidak terlepas kembali.





 


Ketiga,  colok charger kamu (tanpa handphone) ke stop kontak dan biarkan selama satu menit dan kemudian colokan ke device dalam mode pesawat atau turn off untuk memaksimalkan pengisian.



Keempat, tunggu notifikasi lampu LED kalua bateraimu sudah penuh.




Kelebihan.
1.       Mengisi baterai dengan cepat.

Kekurangan.
1.       Handphone tidak dapat sambil digunakan.




Sekian, dan mohon maaf untuk contoh kabel yang saya gunakan jelek sekali.. dikarenakan cuma satu-satunya yang bisa dijadikan contoh.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment